PEMBAHASAN

PENYELESAIAN TINDAK LANJUT HASIL PEMERIKSAAN APIP DAN BPK PERWAKILAN PROVINSI JAWA TENGAH

SERTA PEMENUHAN DATA PENDUKUNG MCP (MONITORING CENTRE FOR PREVENTION) KORSUPGAH

TAHUN 2020

 

Pjs Sekda Plt Inspektur

 

Solo - Bertempat di Gedung Pertemuan Syariah Hotel Solo, telah dilaksanakan kegiatan pembahasan penyelesaian tindak lanjut hasil pemeriksaan APIP Inspektorat Kabupaten Grobogan dan BPK Perwakilan Provinsi Jawa Tengah serta pemenuhan data pendukung MCP Korsupgah tahun 2020 pada hari Jumat dan Sabtu tanggal 27-28 November 2020. Kegiatan tersebut dihadiri dan dibuka langsung oleh Pjs Bupati Grobogan Bapak Haerudin, Sekretaris Daerah Kabupaten Grobogan Bapak Dr.Ir. Moh. Sumarsono, Msi, serta para Undangan dari OPD Kabupaten Grobogan.

Pak pardi

Foto: Plt. Sekretaris Inspektorat Kab Grobogan Bapak Supardi, SH.,MM sebagai Ketua Penyelenggara saat memberikan laporan umum penyelenggaraan kegiatan

 

Pjs

Foto: Pjs Bupati Grobogan Bapak Haerudin saat memberikan sambutan

Dalam sambutannya, Pjs Bupati Grobogan mengatakan bahwa Inspektorat selaku Aparat Pengawasan Internal Pemerintah Daerah dituntut untuk melaksanakan tugasnya secara profesional, sehingga dapat mengawal jalannya pengelolaan keuangan negara dan daerah yang akuntabel dalam upaya mendukung terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih. Pengawasan sebagai bagian integral dari manajemen pemerintahan, memiliki peran strategis dalam menghadapi berbagai situasi yang dinamis. Sebagai konsekuensi dalam upaya perubahan terhadap tatanan kehidupan bermasyarakat dan pelaksanaan pemerintahan daerah, lembaga pengawasan menghadapi berbagai tantangan, antara lain: Pertama, tantangan yang muncul dari instrumen yang dijadikan sebagai tolak ukur pengawasan, produk hukum berupa rumusan kata atau kalimat dalam peraturan perundang-undangan bersifat elastis, multitafsir dan kurang jelas, kedua, tantangan dari elemen masyarakat yang dimunculkan melalui berita-berita di media sosial, media masa, surat pengaduan dan lain-lain, ketiga, tantangan yang muncul akibat lemahnya koordinasi antara APIP dan Aparat Penegak Hukum (APH), keempat, tantangan yang muncul dari dorongan masyarakat yang menginginkan pemberantasan korupsi, kolusi dan nepotisme. Dan diakhir sambutannya, beliau berharap Kepada Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP) agar dalam melaksanakan tugas pemeriksaan betul-betul memiliki integritas dalam profesionalisme kerja serta konsistensi moral yang tinggi, meningkatkan koordinasi pengawasan, yang dilaksanakan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pelaporan dan tindak lanjut hasil pengawasan, dan kepada para Kepala OPD, dimohon untuk segera menindaklanjuti seluruh rekomendasi atas temuan yang diberikan oleh inspektorat, serta mengoptimalkan peran serta dalam pencapaian dan kelengkapan MCP Korsupgah dengan sebaik-baiknya dan penuh tanggungjawab.

Desk Tim APIP Inspektorat copy

Kegiatan selanjutnya setelah pembukaan oleh Pjs Bupati Grobogan, tim APIP Inspektorat Kabupaten Grobogan melaksanakan desk penyelesaian tindak lanjut hasil pemeriksaan dengan OPD-OPD, serta pemenuhan data pendukung MCP Korsupgah tahun 2020. Tim APIP Inspektorat Kabupaten Grobogan dibagi dalam 6 tim untuk melaksanakan desk tersebut. Diharapkan dengan desk tersebut, penyelesaian tindak lanjut dapat diselesaikan dengan cepat dan baik.

 

 

Hari ini 12

Kemarin 26

Minggu ini 128

Bulan ini 310

Keseluruhan 15569

Currently are 9 guests and no members online