PERINGATAN HARI ANTI KORUPSI SEDUNIA (HAKORDIA)

TAHUN 2020

LOGO HAKORDIA 2020 RGB 01

Purwodadi, Grobogan - Bertempat di Ruang Wabup Grobogan, Inspektur Kab.Grobogan bersama Sekda Kab.Grobogan dan beberapa Kepala OPD mengikuti secara virtual melalui zoom meeting peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia (HAKORDIA) Tahun 2020 yang berlangsung di Gedung Merah Putih KPK RI Jakarta.

IMG 20201216 093535

Foto: Sekda Kab.Grobogan (kiri) dan Inspektur Kab.Grobogan (kanan)

Acara yang bisa disaksikan secara streaming via Youtube dan disiarkan oleh stasiun televisi negeri tersebut dihadiri langsung oleh Presiden RI Joko Widodo. Dalam sambutan Bapak Joko Widodo, mengatakan bahwa pendidikan anti korupsi harus diperluas untuk melahirkan generasi yang anti korupsi. Semua lembaga pemerintah harus terus meningkatkan transparansi, meningkatkan akuntabilitas, melakukan penyederhanaan proses pelayanan pada masyarakat untuk meminimalisir peluang korupsi sekaligus meningkatkan pelayanan pada masyarakat. Upaya pemerintah untuk melakukan reformasi di sektor perijinan dan sektor layanan publik merupakan upaya penting untuk memperkecil peluang terjadinya korupsi. Sektor-sektor yang berkaitan langsung dengan kepentingan rakyat banyak, sektor-sektor yang mempengaruhi ekosistem berusaha terutama pada UMKM menjadi perhatian utama pemerintah. Regulasi yang tumpang tindih dan prosedur yang rumit terus akan dipangkas, mekanisme dan prosedur birokrasi yang rumit akan disederhanakan, yang kemudian didukung dengan penggunaan teknologi digital seperti e-budgetinge-procurement, e-audit dan aplikasi-aplikasi lainnya. Upaya pemberantasan korupsi membutuhkan kegigihan dan konsistensi yang luar biasa. Diharapkan dengan langkah-langkah yang sistematis, yang sistemik dari hulu hingga hilir bisa lebih efektif dalam memberantas korupsi, lebih efektif dalam memberantas kemiskinan dan mengurangi pengangguran, dan menjadikan Indonesia negara maju yang kita cita-citakan. Dan diakhir sambutan, beliau berharap pemberantasan korupsi tidak pernah padam.

IMG 20201216 093209

Foto: Sambutan Presiden RI Joko Widodo

Dalam peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia Tahun 2020 ini yang bertemakan "Membangun Kesadaran Seluruh Elemen Bangsa dalam Budaya Antikorupsi". Dengan tema ini, KPK ingin memperkuat kerjasama antara pemangku kepentingan dalam pencegahan dan pemberantasan korupsi. Memperluas keterlibatan masyarakat secara aktif dalam sosialisasi nilai-nilai antikorupsi, sehingga dapat meningkatkan pemahaman termasuk dalam gerakan-gerakan pencegahan korupsi sehingga diharapkan budaya antikorupsi akan tumbuh kembang di seluruh elemen masyarakat dan segenap anak bangsa, seperti yang dikutip dari sambutan Ketua KPK Bapak Firli Bahuri.

IMG 20201216 091124

Foto: Sambutan Ketua KPK RI Firli Bahuri 

Hari ini 0

Kemarin 19

Minggu ini 0

Bulan ini 559

Keseluruhan 19320

Currently are 6 guests and no members online