PEMBAHASAN

IMPLEMENTASI SISTEM PENGENDALIAN INTERN PEMERINTAH (SPIP)

DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN GROBOGAN

MELALUI PENERAPAN MANAJEMEN RISIKO

 

IMG 9401

 

Bandungan, Kab.Semarang - Bertempat di Pendopo Hotel Griya Persada Bandungan Semarang 29-30 April 2021, telah dilaksanakan pembahasan implementasi Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) melalui penerapan manajemen risiko. Acara yang dihadiri oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah Wasis Prabowo, Wakil Bupati Grobogan dr. Bambang Pujiyanto, M.Kes, Sekda Kabupaten Grobogan Dr. Ir. Moh. Sumarsono, M.Si, seluruh Asisten Setda Grobogan, serta didampingi Inspektur Kabupaten Grobogan Moch. Susilo, S.H, M.M, CFrA dan dengan peserta dari seluruh OPD di Lingkungan Pemkab. Grobogan sebanyak 49 OPD.

IMG 9406

Kegiatan yang digelar selama 2 hari tersebut, diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan laporan penyelenggara kegiatan yang langsung disampaikan oleh Inspektur Kab. Grobogan Moch. Susilo, S.H, M.M, CFrA. Dasar kegiatan tersebut yaitu PP Nomor 60 Tahun 2008 tentang SPIP, Perpes RI Nomor 18 Tahun 2020 tentang RPJMN 2020-2024, dan Permenpan RB Nomor 25 Tahun 2020 tentang Road Map Reformasi Birokrasi 2020-2024. Dikatakan bahwa tujuan diselenggarakan kegiatan  tersebut adalah untuk pengembangan budaya sadar risiko pada tingkatan Pemerintah Daerah dan Perangkat Daerah dan untuk mengimplementasikan SPIP melalui penerapan Manajemen Risiko pada tingkatan strategis Pemerintah Daerah dan sampai pada kegiatan Perangkat Daerah.

IMG 9410

Foto: Inspektur Kab. Grobogan Moch. Susilo, S.H, M.M, CFrA menyampaikan laporan penyelenggara

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Perwakilan BPKP Prov. Jawa Tengah Wasis Prabowo S.E., Ak, M.M., C.A., C.Fr.A, Q.I.A, menyampaikan bahwa Pimpinan Instansi Pemerintah dalam PP Nomor 60 Tahun 2008 memiliki tanggung jawab untuk menyusun perencanaan dan menetapkan tujuan organisasi, membangun sistem pengendalian intern yang memadai, dan mencapai tujuan organisasi melalui 4 tujuan SPIP yaitu efektifitas & efisiensi, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan.

IMG 9415

Foto: Kepala Perw. Prov. Jawa Tengah Wasis Prabowo menyampaikan sambutan

Di hari pertama kegiatan tersebut juga disampaikan sambutan dari Bupati Grobogan Sri Sumarni, S.H, M.M yang saat itu diwakili dan dibacakan langsung oleh Wakil Bupati Grobogan dr. Bambang Pujiyanto, M.Kes sekaligus membuka langsung kegiatan tersebut.

 IMG 9430

Foto: Wakil Bupati Grobogan dr. Bambang Pujiyanto, M.Kes saat memberikan sambutan

Dihari kedua kegiatan, narasumber dari tim BPKP Perwakilan Prov. Jawa Tengah menyampaikan materi-materi terkait dengan manajemen risiko. Pada kesempatan itu, disampaikan secara teknis hal-hal yang perlu dilakukan dalam melakukan evaluasi lingkungan pengendalian yang dituangkan dalam bentuk form kertas kerja.

IMG 9467

Foto: Tim BPKP Perw.Prov.Jateng saat menyampaikan materi

Diakhir acara, Asisten III Setda Kab. Grobogan Ir. Muhammad Chanif, MT menutup kegiatan pembahasan implementasi SPIP di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Grobogan melalui penerapan manajemen risiko. Tidak lupa beliau berpesan bahwa pelaksanaan manajemen risiko di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Grobogan dilaksanakan secara bersama-sama atau team work, suatu tim harus saling membahu dalam pelaksanaan pekerjaan.

IMG 9469

Foto: Asisten III Setda Kab. Grobogan

 

 

(created by planning)

Hari ini 0

Kemarin 19

Minggu ini 0

Bulan ini 559

Keseluruhan 19320

Currently are 2 guests and no members online