SOSIALISASI

PENANGANAN BENTURAN KEPENTINGAN

DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN GROBOGAN

TAHUN 2019

 

Purwodadi - Bertempat di Gedung DEKOPINDA Kab.Grobogan, hari Rabu tanggal 23 Oktober 2019 telah dilaksanakan acara sosialisasi penanganan benturan kepentingan di Lingkungan Pemerintah Kab.Grobogan Tahun 2019 oleh Inspektorat Kab.Grobogan. Dalam acara tersebut, dihadiri oleh Bapak Sekretaris Daerah Kab.Grobogan Dr.Ir.Mohamad Sumarsono, M.Si serta perwakilan 30 OPD dan 19 Kecamatan di Lingkungan Pemerintah Kab.Grobogan.

Sosialisasi Benturan Kepentingan

Foto: Peserta acara sosialisasi Penanganan Benturan Kepentingan

Dalam Sambutannya,  Bapak Sekretaris Daerah Kab.Grobogan menghimbau untuk semua ASN di Lingkungan Pemerintah Kab.Grobogan agar senantiasa bekerja dengan sungguh-sungguh sebagai pelayan masyarakat Grobogan tanpa ada kepentingan lain diluar dari tugas pokok sebagai ASN.  Himbauan tersebut untuk mewujudkan pelaksanaan tatakelola pemerintahan yang baik (Good Governance) yang bebas dari korupsi, kolusi, dan nepotisme. Diakhir sambutannya, Beliau mengharapkan dengan adanya sosialisasi penanganan benturan kepentingan tersebut, maka  semua penyelenggara  daerah dapat menghindari perbuatan benturan kepentingan atau confilict of interest.

Sekda Speaking

Foto: Sambutan Pak Dr.Ir.Mohamad Sumarsono, M.Si (Sekda Kab.Grobogan)

 

Pak Pardi Pak Budi SpeakingFoto dari kiri ke kanan:  Pak Supardi (Sekretaris Inspektorat Kab.Grobogan) & Pak budi Hartanto, S.H (Irban I Kab.Grobogan)

Pak Supardi sebagai Sekretaris Inspektorat Kab.Grobogan menyampaikan laporan terkait penanganan benturan kepentingan yang ada di Lingkungan Pemerintah Kab.Grobogan.

Dan Terakhir, Pak Budi Hartanto, S.H sebagai Inspektur Pembantu Wilayah I Kab.Grobogan menyampaikan materi mengenai penanganan benturan kepentingan. Dalam penyampaian materi tersebut, disebutkan bahwa benturan kepentingan adalah situasi dimana pejabat atau pegawai di Pemerintah Kabupaten Grobogan memiliki atau patut diduga memiliki kepentingan pribadi terhadap setiap penggunaan wewenang dalam kedudukan atau jabatannya, sehingga dapat mempengaruhi kualitas keputusan dan/atau tindakannya.

Pejabat atau Pegawai di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Grobogan atau pihak-pihak lainnya (mitra usaha/ mitra kerja/ pihak ketiga dan masyarakat) yang tidak memiliki keterlibatan secara langsung, namun mengetahui adanya atau  potensi adanya benturan kepentingan dapat melaporkan ke Inspektorat Kab.Grobogan.

Terkait hal tersebut, Inspektorat Kab.Grobogan sebagai suatu organisasi aparat pengawasan Internal Pemerintah yang profesional yang mendukung pemerintahan yang baik, menyediakan suatu wadah aduan berupa sebuah aplikasi berbasis web yang disebut Whistle Blowing System, yang bisa diakses secara publik/umum melalui http://wise.inspektorat.grobogan.go.id/.

  

 

 

Hari ini 7

Kemarin 19

Minggu ini 81

Bulan ini 146

Keseluruhan 9048

Currently are 4 guests and no members online