GELAR PENGAWASAN DAERAH

INSPEKTORAT KABUPATEN GROBOGAN

TAHUN 2019

 

PesertaFoto: Peserta Undangan Acara Gelar Pengawasan Daerah Inspektorat Kab.Grobogan Tahun 2019

 

Purwodadi - Pada tanggal 28 Nopember 2019 bertempat di Aula Inspektorat Kabupaten Grobogan, telah dilaksanakan acara Gelar Pengawasan Daerah Inspektorat Kabupaten Grobogan Tahun 2019. Dalam sambutan laporan kegiatan oleh Pak Supardi, S.H.,M.M (Sekretaris Inspektorat Grobogan) yang mewakili atas nama Inspektur Grobogan, menjelaskan tujuan kegiatan adalah meningkatkan fungsi dan peranan Pengawasan dalam pelaksanaan tugas pada setiap unit kerja Pada Pemerintah Daerah dalam rangka penyelenggaraan tata pemerintahan yang baik (Good Governance), meningkatkan koordinasi diantara aparat pengawasan pemerintah, meningkatkan efektifitas kegiatan pengawasan yang menempatkan tindak lanjut hasil pemeriksaan sebagai salah satu substansi yang sangat penting  dalam proses pengawasan, mendorong terciptanya kesadaran seluruh jajaran aparat pemerintah untuk menghindarkan diri dari tindakan yang mengarah ke perbuatan KKN (Korupsi, Kolusi, Nepotisme).

 

 Lap Pak Sek

 Foto: Bapak Supardi, S.H.,M.M Saat Memberikan Laporan Kegiatan Acara

Dalam acara tersebut, dihadiri oleh masing-masing perwakilan 30 OPD dan 19 Kecamatan di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Grobogan. Acara Gelar Pengawas Daerah kali ini turut dihadiri oleh Asisten II Perekonomian, pembangunan, dan Kesejahteraan Rakyat Ir.Ahmadi Widodo, MT yang mewakili Bupati Grobogan, Bapak Agung Priyadi, SE sebagai Auditor Madya Bidang Bagian Investigadi BPKP Perwakilan Provinsi Jawa Tengah, dan Bapak Dhoni Widianto, S.Sos.,M.Si, CFrA sebagai Inspektur Pembantu Wilayah Khusus Inspektorat Provinsi Jawa Tengah.

Pejabat

Irban

Foto (Atas) Dari Kiri ke Kanan: Puji Raharjo, S.H.,M.M, Ir.Ahmadi Widod, MT, Agung Priyadi, SE, dan Supardi, S.H.,M.M

Foto (Bawah) Dari Kiri ke Kanan: Budi Hartanto, S.H, Agung Priyadi, SE, Dhoni Widianto, S.Sos.,M.Si.,CFrA

 

Pak Agung Priyadi, SE sebagai narasumber memberikan materi mengenai Audit Investigatif. Beliau memaparkan bahwa Audit Investigatif merupakan proses mencari, menemukan, dan mengumpulkan, dan menganalisis serta mengevaluasi bukti-bukti secara sistematis oleh pihak yang kompeten dan independen untuk mengungkap fakta atau kejadian yang sebenarnya tentang indikasi tindak pidana korupsi dan/atau tujuan spesiiknya lainnya sesuai peraturan yang berlaku. Dalam paparannya, dijelaskan bahwa awal dalam proses audit investigatif adalah sumber informasi, seperti: pengembangan hasil pengawasan, pengaduan masyarakat, permintaan pimpinan objek penugasan, dan permintaan instansi penyidik. 

BPKP ProvFoto: Bapak Agung Prijadi, SE Saat Memaparkan Materi Mengenai Audit Investigatif

Selain dari BPKP Perwakilan Provinsi Jawa Tengah, acara tersebut juga diisi materi oleh Inspektorat Provinsi Jawa Tengah yang diwakili oleh Bapak Dhoni Widianto, S.Sos.,M.Si.,CFrA Beliau memberikan materi mengenai Probity Audit Pengadaan Barang/Jasa (PBJ). Dijelaskan beliau bahwa peran Inspektorat selaku APIP adalah untuk mendeteksi fraud/TPK dalam perencanaan dan pelaksanaan pengadaan barang dan jasa. Probity Audit  PBJ merupakan audit tujuan tertentu yang dilaksanakan selama proses pengadaan barang/jasa berlangsung (real time) dengan pendekatan probity untuk memastikan bahwa seluruh ketentuan telah diikuti dengan benar, jujur, dan berintegritas, sehingga dapat mencegah terjadinya penyimpangan dalam proses PBJ.

 Inspektorat Prov

 Foto: Bapak Dhoni Widianto, S.Sos.,M.Si.,CFrA Saat Memberikan Materi

 

Peserta acara tersebut sangat antusias dalam mengikuti materi-materi yang disampaikan oleh narasumber, terlihat dari banyak pertanyaan yang diajukan oleh peserta.

 

(editorial & wording by planning) 

 

 

 

Hari ini 8

Kemarin 19

Minggu ini 82

Bulan ini 147

Keseluruhan 9049

Currently are 5 guests and no members online