Aksi Nasional Pencegahan Korupsi

2020

 

ANPK

Purwodadi - Pelaksanaan Aksi Nasional Pencegahan Korupsi (ANPK) melalui video conference yang diselenggarakan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang bertindak sebagai Sekretariat Nasional Strategi Nasinal Pencegahan Korupsi (Stranas PK) tanggal 26 Agustus 2020. Tujuan penyelenggaraaan ANPK adalah untuk meneguhkan komitmen kementerian/lembaga dan pemerintah daerah dalam rangka upaya pencegahan korupsi secara nasional.

Peserta Video Conference

Foto: Sekretaris Daerah Kab.Grobogan bersama Inspektur kab.Grobogan dan Kepala BKPPD kab. Grobogan mengikuti acara ANPK

 Dalam acara tersebut, secara video conference diikuti Sekretaris Daerah Kab.Grobogan, Inspektur Kab.Grobogan, Kepala BKPPD Kab.Grobogan, Kabag Pengadaan Barang/Jasa Setda kab.Grobogan serta kasubbag.Evaluasi dan Pelaporan Inspektorat Kab.Grobogan.

Inspektur dan Sekda

Pada sambutan dari Ketua KPK Firli Bahuri, mengatakan bahwa Strategi Pemberantasan Korupsi dirumuskan dengan pelaksanaan 3 pendekatan yaitu, pendekatan pendidikan masyarakat, pendekatan pencegahan, pendekatan penindakan. Pencapaian Aksi Stranas PK yang meliputi 6 program dengan pencapaiannya, yaitu Utilisasi NIK sebesar 68,07%, e-katalog dan market place untuk Pengadaan barang/Jasa 61,79%, keuangan desa 83,33%, penerapan manajemen anti suap 66,75%, online single submission dengan pemanfaatan peta digital dalam pelayanan perizinan berusaha 47,15%, dan reformasi birokrasi sebesar 65,06%. Program Stranas PK tersebut telah dilaksanakan oleh 54 kementerian/lembaga di 34 provinsi dan 508 kabupaten/kota dengan pencapaian Stranas PK secara nasional sebesar 58,52%

Presiden Sambutan dan Pembukaan

 

Acara ANPK tersebut dibuka oleh Bapak Presiden RI Joko Widodo yang hadir secara virtual, berpesan agar semua masyarakat ikut dalam upayan gerakan budaya anti korupsi (pencegahan korupsi). Semua instansi pemerintah harus membangun tata kelola pemerintahan yang baik, cepat, produktif, dan efisien dan disaat yang sama juga harus akuntabel dan bebas dari korupsi.

 

(by Planning)

 

Hari ini 0

Kemarin 25

Minggu ini 140

Bulan ini 635

Keseluruhan 20298

Currently are 10 guests and no members online